6 Tips Pengambilan Foto Malam Hari Yang Lebih Baik Dengan Smartphone Anda

Untuk anda yang menyukai pengambilan gambar di malam hari, ada beberapa tips pengambilan foto malam hari yang bisa anda coba. Sebagai seorang yang suka sekali mengambil gambar sebuah objek atau hal lain. Tentu saja anda pasti akan di hadapkan dengan situasi dan kondisi malam hari yang merepotkan.

Dimana, malam hari menjadi sebuah kesulitan tersendiri bagi anda karena kurangnya cahaya yang di dapat. Dan karena itu juga, foto atau gambar yang dihasilkan terlihat buruk dan tidak bagus sama sekali. Nah, untuk itulah kami disini akan memberikan anda beberapa tips pengambilan foto malam hari. Dengan tips ini anda bisa lebih mudah untuk mengambil gambar di malam hari yang gelap sekalipun.

Berikut beberapa tips pengambilan gambar atau foto yang bisa anda gunakan di malam hari:

 

01. Memanfaatkan Mode Malam Pada Smartphone
Memanfaatkan Mode Malam Pada Smartphone
Memanfaatkan Mode Malam Pada Smartphone –¬† Image Source

Dalam sebuah smartphone, pasti sudah di lengkapi dengan Mode Malam. Untuk memperbaiki kwalitas dari foto di malam hari, ada baiknya jika anda menggunakan Mode Malam tersebut. Meskipun tidak semua Smartphone memiliki Mode Malam atau Night Mode yang bagus Seperti Sony IMX 582.

02. Jangan Sembarangan Menggunakan Flash Pada Smartphone
Jangan Sembarangan Menggunakan Flash Pada Smartphone
Jangan Sembarangan Menggunakan Flash Pada Smartphone – Image Source

Untuk tips pengambilan foto malam hari, pastinya anda akan berfikir bahwa penggunaan flash sangat berarti. Namun tidak selalu pengambilan foto akan bagus ketika menggunakan Flash. Singkatnya saja, Flash akan sangat berguna saat pengambilan foto dengan jarak dekat.

Mengapa? karena Flash akan membantu memberikan cahaya tambahan kepada objek foto. Dan jangan pernah menggunakan Flash ketika mengambil foto dengan objek jauh. Karena foto akan terlihat pecah dan agak buram tidak karuan.

03. Pandailah Menggunakan ISO pada Smartphone
Pandailah Menggunakan ISO pada Smartphone
Pandailah Menggunakan ISO pada Smartphone – Image Source

Penggunaan kamera smartphone, tidak lepas dari pengaturan otomatis dalam pengambilan gambar. Namun, untuk anda yang memang ingin mencoba belajar fotografi dengan Smartphone, tidak ada salahnya mencoba secara manual. Ketika Smartphone anda memiliki mode manual, anda bisa mencoba belajar lebih luas.

Dan tentu saja tentang penggunaan ISO yang baik dalam kondisi tertentu. Dan untuk malam hari yang kekurangan cahaya, anda bisa mencoba membuat ISO anda tidak begitu besar. Contohnya saja, gunakan ISO pada titik 400. Karena ISO yang terlalu lebih besar juga akan menghasilkan kesalahan baca pada gambar. Seperti halnya membuat gambar kehilangan detail warna dan terlihat pudar.

04. Memanfaatkan Arah Datangnya Cahaya
Memanfaatkan Arah Datangnya Cahaya
Memanfaatkan Arah Datangnya Cahaya – Image Source

Untuk tips pengambilan foto malam hari berikutnya, adalah anda harus bisa memanfaatkan arah datangnya cahaya. Seperti yang kita ketahui bersama, saat kita mencoba mengambil gambar wajah kita saat tiduran. Dan jika lampu kamar ada di atas wajah kita, otomatis bayangan dari tangan dan Smartphone akan terlihat pas muka kita.

Itulah mengapa kita harus pintar memanfaatkan arah dari cahaya lampu yang datang. Sehingga objek yang ingin kita ambil fotonya akan tampak lebih terang dan jelas.

05. Gunakan Aksesoris Tambahan
Gunakan Aksesoris Tambahan
Gunakan Aksesoris Tambahan – Image Source

Maksud dari aksesoris tambahan ialah, anda bisa menambahkan tripod sebagai alat yang harus anda bawa ketika ingin mengambil foto malam. Karena dengan menggunakan tripod anda bisa mengurangi getaran saat pengambilan foto.

Seperti yang sudah kita bilang, bahwa malam hari merupakan situasi yang sangat kekurangan cahaya. Dan ketika kita bergerak sedikit saja, maka itu akan menimbulkan efek blur yang sangat parah. Oleh karena itu perlunya penggunaan tripod akan terlihat jelas bagi anda.

06. Selain ISO, Atur Juga Penggunaan Shutter Speed dan Aperture
Selain ISO, Atur Juga Penggunaan Shutter Speed dan Aperture
Selain ISO, Atur Juga Penggunaan Shutter Speed dan Aperture – Image Source

Dalam tips pengambilan foto malam hari, bukan hanya ISO yang dibutuhkan untuk mendapat gambar yang bagus. Tapi juga pengaturan dan penggunaan Shutter Speed dan Aperture. Shutter Speed akan menangkap cahaya lebih banyak ketika pengaturannya diperlambat.

Sedangkan Aperture akan berfungsi mengontrol banyaknya cahaya yang akan di masukkan kepada sensor kamera. Nah dengan begitu kelengkapan dari tiga hal tersebut akan terlengkapi.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.