Tips Menangani Format File Tidak Di Dukung Pada WhatsApp

  • Bagikan
Format File Tidak Support Di WhatsApp
Format File Tidak Support Di WhatsApp

WhatsApp merupakan sosial media yang sangat populer terutama untuk negara Indonesia. Sekilas untuk saat ini fungsi WhatsApp mirip dengan fitur SMS pada smartphone lama. Tapi perbedaannya pada WhatsApp dapat melampirkan gambar,video bahkan File. Berbeda dengan SMS yang masih menggunakan pulsa untuk mengirim pesan. Dengan Aplikasi pesan instant ini pengguna dapat lebih hemat karena menggunakan paket data. Tapi pernahkah anda ketika menggunakannya menemui sebuah masalah?. Semisal Format File yang tidak terdukung misalnya.

Format File Tidak Support Di WhatsApp
Format File Tidak Support Di WhatsApp

Sumber Gambar

Tentunya permasalahan ini membuat kita sebagai pengguna sedikit terganggu. Terutama apabila kita perlu menerima atau mengirim file yang formatnya tidakdi dukung tersebut. namun taukah anda jika masalah seperti ini lumrah terjadi. Bahkan untuk mengatasi permasalahan seperti ini sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Karena masih banyak cara untuk mengakalinya.

Penyebab File Tidak Di Dukung Pada WhatsApp :

Penyebab masalah WhatsApp tidak mendukung format file biasanya karena file yang pengguna lampirkan menggunakan format khusus dan tidak memakai format umum yang ada. Sehingga ketika hendak mengirimkannya muncul masalah tersebut. Selain permasalahan tersebut, bisa saja masalah datang dari versi WhatsApp yang anda gunakan saat ini. Oleh karena itu pastikanlah terlebih dahulu bahwa anda telah menggunakan versi WhatsApp yang sudah paling update. Karena pada versi lawas mungkin bisa saja aplikasi tersebut belum memiliki dukungan pada format untuk file anda. Jika setelah update masalah ini masih terjadi, anda masih bisa mengakalinya dengan mengganti formatnya. Cara untuk mengganti format tersebut anda dapat melihatnya pada ulasan berikut.

Berikut Tips Untuk Menangani Masalah Format File Tidak Di Dukung Pada WhatsApp

#1 Kompress File Yang Formatnya Tidak Di Dukung Dengan ZArchiver

Untuk menangani masalah format yang tidak terdukung tersebut, sebenarnya anda bisa mengirim file tersebut dengan format rar atau dalam bentuk yang sudah terkompres. Karena bisa saja ukuran file terlalu besar sehingga tidak dapat anda kirim. Anda bisa menggunakan aplikasi kompress ZArchiver Yang bisa anda download lewat Google Playstore. Bagi anda yang belum mengetahui cara mengompress file anda dapat mengikuti cara berikut ini.

  • Setelah anda download aplikasi Zarchiver, bukalah aplikasi tersebut
  • Kemudian setelah anda buka, carilah lokasi atau direktori file yang formatnya tidak terdukung tadi
  • Jika file sudah ketemu, tekan dan tahanlah pada aplikasi tersebut sampai muncul pop-up. Selanjutnya pilihlah opsi kompres
  • Kemudian isilah nama file sesuai keinginan anda, setelah itu tekanlah OK
  • Setelah file tadi terkompress tekan dan tahan pada file tadi kemudian pilih logo bagikan. Lalu pilihlah kontak WhatsApp yang tadinya ingin anda kirimkan file tersebut.

#2 Ganti Format File Secara Manual Dengan File Manager

Cara selanjutnya juga cukup sederhana, anda hanya perlu mengubah format file tadi melalui File manager, jika anda tidak memiliki file manager. Saya sarankan anda menggunakan file manager berikut ini yang dapat anda unduh melalui Play Store.

  • Ketika anda sudah mengunduh aplikasi tersebut, anda dapat membukanya
  • Kemudian carilah lokasi tempat anda menyimpan file yang tidak didukung tadi
  • Jika sudah anda temukan, tekan dan tahan pada file tersebut. Selanjutnya pilih lah Rename atau Ganti nama
  • Gantilah format tadi dengan format yang sudahdi dukung oleh WhatsApp, misal .zip
  • Selanjutnya tahan lagi pada file yang sudah anda ubah formatnya kemudian tekan logo bagikan. Kemudian kirimlah file tersebut ke kontak WhatsApp yang anda inginkan.
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.