Tips Mengatasi Tombol Home Android Tidak Berfungsi

Berbicara soal Android memang tidak akan pernah ada habisnya. Karena selalu ada hal yang baru di platform OS besutan Google ini. Saat ini banyak sekali smartphone dengan berbagai merk yang hadir dengan dukungan sistem operasi Android.

Living Room Moroccan Style 01

Mayoritas smartphone Android hadir dengan tiga buah tombol yang ada di bawah layar. Biasanya tiga tombol tersebut terdiri dari tombol home, back, dan juga recent app. Sebagian smartphone menggunakan tombol fisik atau soft button, dan sebagian lain menggunakan tombol onscreen. Bicara soal tombol-tombol tersebut, ada salah satu tombol yang mudah mengalami kerusakan, yakni tombol fisik home.

Jika saat ini ponsel Android kamu sedang mengalami masalah tombol home, back dan recent yang rusak kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Tombol Home Android Tidak Berfungsi

Lakukan Unroot

Coba ingat-ingat, apakah tombol home ponsel Android kamu mengalami kerusakan sebelum atau sesudah di root? Jika tombol recent Samsung tidak berfungsi setelah kamu melakukan rooting, maka mungkin penyebabnya adalah rooting itu sendiri. Jika ini adalah penyebabnya, maka kamu bisa langsung unroot ponsel Android kamu.

Gunakan Stock ROM Asli

Dalam sistem Android ada dua macam ROM, yaitu Stock ROM dan Custom ROM. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Stock ROM misalnya, adalah OS Android yang dibuat oleh pabrikan ponsel sehingga terbukti lebih stabil ketika digunakan. Sedangkan Custom ROM merupakan ROM yang dikembangkan oleh pengembang pihak ketiga, memiliki banyak fitur tambahan.

Lakukan Factory Reset

Cara mengatasi tombol home dan back tidak berfungsi berikutnya yang terbukti ampuh adalah dengan factory reset.

Factory reset adalah proses menghapus semua data ponsel Android, sehingga nantinya ponsel akan kembali seperti semula ketika pertama kali keluar dari pabrik.

Jika semua cara di atas tidak bisa mengatasinya, maka solusinya adalah :

Gunakan Aplikasi Pengganti Tombol Fisiktutorial

Jika kamu sangat membutuhkan smartphone untuk memenuhi kebutuhan komunikasi tiada henti tapi ternyata home button kamu tidak berfungsi, kamu bisa menggunakan aplikasi pengganti tombol home. Beruntungnya, banyak developer yang menciptakan fitur penunjang piranti android yang sangat membantu jika terjadi permasalahan, salah satunya kinerja home button. Berikut aplikasi yang bisa kamu pakai sebagai pengganti tombol fisik yang tidak berfungsi:

Itulah beberapa aplikasi yang dapat menggantikan tombol button Android yang rusak, tanpa harus menggantinya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.