Tips Mengatasi WhatsApp Yang Tidak Bisa Menyimpan Gambar

WhatsApp merupakan aplikasi berkirim pesan yang cukup populer pada pengguna smartphone terutama untuk daerah Indonesia. Fungsi WhatsApp sendiri mirip dengan SMS, hanya saja aplikasi ini menggunakan internet untuk mengirim pesan. Dengan WhatsApp pengguna juga dapat mengirim file berupa gambar, video bahkan data. Hal tersebut lah yang membuat WhatsApp unggul dari SMS. Namun walaupun demikian terkadang segelintir pengguna pernah mengalami permasalahan seperti tidak dapat menyimpan gambar. Permasalahan tersebut dapat kita katakan sebagai masalah yang biasa dan dapat kita tangani. Nah oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips mengatasi WhatsApp yang tidak dapat menyimpan atau mengunduh data.

Tips Mengatasi WhatsApp Yang Bermasalah
Tips Mengatasi WhatsApp Yang Bermasalah

Sumber Gambar

Sebelum kepermasalahannya, sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut. Bisa saja yang pertama karena perangkat mengalami masalah, ataupun bisa saja aplikasi yang bermasalah.

Penyebab WhatsApp Tidak Dapat Menyimpan Gambar

  1. Kesalahan Setting Waktu dan Tanggal Pada Smartphone. Walaupun terlihat sederhana tapi ketika anda salah mengatur tanggal serta waktu pada perangkat anda. Pada beberapa aplikasi dapat timbul masalah, contohnya WhatsApp. Biasanya pada WhatsApp anda tidak dapat menerima pesan atau pun menerima file.
  2. Koneksi Internet Lambat Atau Bermasalah. Hal ini merupakan penyebab yang cukup umum, karena internet yang tidak stabil pada perangkat dapat membuat perangkat kesulitan menyimpan file. Bahkan ketika file hendak tersimpan akan ada notifikasi gagal.
  3. Server WhatsApp Mengalami Masalah. Penyebab lain yang membuat anda tidak dapat menyimpan gambar adalah bisa jadi karena aplikasi tengah dalam perbaikan. Atau mungkin server sedang mengalami masalah.
  4. Memory Internal Smartphone Penuh. Hal ini merupakan penyebab yang sering muncul. Karena ketika memory Internal Anda sudah penuh. Anda tidak bisa lagi mendownload aplikasi ataupun menyimpan gambar serta file. Pada kondisi ini smartphone anda akan sangatdi batasi.

Setelah memahami beberapa hal yang menjadi penyebab aplikasi WhatsApp tidak dapat menyimpan gambar. Nah  setelah itu saya akan memberikan beberapa tips untuk menangani permasalahan tersebut pada perangkat anda.

Tips Mengatasi WhatsApp Yang Tidak Bisa Menyimpan Gambar :

  • Mengecek Pengaturan Tanggal Dan Waktu Pada Smartphone

Langkah pertama ini sebenarnya adalah hal yang cukup sederhana. Seperti yang sudah saya jelaskan ketika pengaturan waktu pada perangkat tidak benar beberapa aplikasi pun berpotensi tidak akan berjalan. Hal ini termasuk pada aplikasi WhatsApp. Oleh karena itu cek lah tanggal dan waktu pada perangkat smartphone anda

  • Cek Ke-Stabilan Koneksi Internet Anda

Koneksi tidak stabil atau lambat tentunya dapat menyebabkan masalah yang cukup menggangu. Terutama ketika sedang dalam proses mengunduh gambar. Karena dalam proses tersebut sangat butuh koneksi yang cukup untuk memindahkan file ke dalam smartpohne. Untuk cek koneksi sendiri anda dapat menggunakan aplikasi bernama Speedtest yang anda dapat unduh melalui Play Store. Untuk solusi lain anda dapat beralih ke koneksi yang lebih stabil seperti jaringan Wi-Fi misalnya.

  • Pastikan Semua Perizinan Aplikasi WhatsApp Aktif

Masalah perizinan ini sering menjadi penyebab kenapa WhatsApp kita tidak dapat menyimpan atau mengunduh gambar. Karena ketika posisi Aplikasi tidak mendapat izin maka otomatis mereka tidak dapat hak untuk mengambil data yang kita perintahkan. Nah Oleh karena itulah anda harus memberikan izin agar aplikasi WhatsApp dapat beroperasi semestinya.

Caranya anda dapat masuk ke pengaturan, kemudian memilih Aplikasi & Notifikasi. Setelah itu pilihlah aplikasi WhatsApp dan lihat info aplikasi. Selanjutnya pilihlah opsi Izin, dan cek semua perizinan aplikasi tersebut. Jika anda menemukan Toogle yang tidak aktif, geserlah.

  • Unistall & Install Ulang Aplikasi WhatsApp Anda

Langkah terakhir tersebut merupakan solusi untuk mengatasi masalah ini. Karena bisa saja aplikasi anda mengalami bug dan lain-lain. Sehingga proses tidak berjalan dengan Normal. Tapi sebelum melakukan proses ini anda wajib melakukan Back-up data terlebih dahulu ya. Agar file maupun data anda tidak hilang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.