Tips – Mengenali Perangkat Android Anda Terserang Virus/Malware atau tidak?

Perkembangan dan pengguna perangkat android saat baik  Tablet maupun SmartPhone semakin hari semakin meningkat, entah karena hadirnya banyak produk dengan harga dibawah 500 ribu atau karena memang perangkat android mudah untuk dioperasikan dan terhubung ke jejaring sosial. Terlepas dari itu semua, ternyata tidak banyak yang tahu bahwa Android yang notabene merupakan sistem operasi terbuka atau open source operating system sangatlah gampang terserang virus atau malware, yang dikarenakan mudahnya orang mengembangkan program – program yang berjalan di sistem android.

Malware, Virus Android
Malware Android

Seperti yang penulis alami sendiri, tablet android yang baru seminggu dibeli tiba – tiba tidak loading terus dan muncul error ketika menjalankan aplikasi apapun, dan yang lebih menyebalkan asik – asiknya main game atau lagi chat di jejaring sosial tiba – tiba muncul iklan ini dan itu, hmmmm……… sangat mengganggu…!!!. Untuk itu kemudian penulis ingin berbagi tips supaya pembaca mengenali apakah perangkat android anda sudah terserang virus / malware atau belum?. Berikut sebagian tanda – tanda jika perangkat android anda terserang virus/malware :

  1. Performa perangkat android anda semakin lama semakin menggemaskan, karena menjadi lambat sedangkan anda tidak pernah menginstall aplikasi lagi sebelumnya.
  2. Batterai perangkat anda cepat habis, meski perangkat android dalam keadaan standby.
  3. Sering muncul pop-up yang menawarkan atau mengiklankan produk – produk tertentu.
  4. Pulsa seluler anda cepat habis karena secara tidak anda ketahui malware telah mengirim sms.
  5. Paket data anda cepat habis, meski anda tidak gunakan intenetan atau update otomatis sudah anda matikan.
  6. Kualitas suara saat menelpon menjadi jelek atau bahkan perangkat anda tidak bisa digunakan menelepon, padahal kualitas sinyal sangat bagus.

Jika perangkat anda mengalami hal tersebut diatas, cara cepat mengatasinya adalah dengan melakukan “Reset Factory”, namun jangan lupa untuk membackup semua data penting yang ada di memory internal maupun SD memory perangkat anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.