Tips Menghemat Penyimpanan Internal Tanpa Khawatir Kehilangan Foto dan Video

  • Bagikan
Cara Menghemat Penyimpanan Internal Ponsel
Cara Menghemat Penyimpanan Internal Ponsel

Menghemat penyimpanan internal ponsel merupakan langkah cerdas yang harus Anda lakukan. Terutama bagi Anda yang memiliki ponsel dengan penyimpanan terbatas. Saat ini memiliki penyimpanan internal ponsel 32GB sudah masuk dalam kategori cukup terbatas. Hal ini karena kebutuhan dan file penting dalam ponsel yang semakin banyak.

Cara Menghemat Penyimpanan Internal Ponsel
Cara Menghemat Penyimpanan Internal Ponsel

image source

Kehadiran smartphone sekarang sudah menjadi bagian dari kehidupan seseorang. Bahkan tidak jarang semua data dan privasi pengguna berada satu genggaman tangan melalui ponsel tersebut. Jadi sudah tidak heran jika banyak orang menyimpan banyak file pribadinya termasuk adanya Foto dan Video pada ponsel pintar tersebut.

Apalagi saat ini ponsel sudah banyak memiliki dukungan kamera yang memiliki kualitas sangat baik. Jadi dalam satu kali bidikan dapat menggunakan penyimpanan ponsel Anda beberapa megabytes. Bayangkan jika anda memiliki file media yang berupa Foto tersebut hingga ratusan bahkan ribuan foto. Hal ini akan memiliki pengaruh besar terhadap penyimpanan internal ponsel Anda. Oleh karenanya dalam panduan kali ini Penulis akan memberikan langkah bagaimana cara mengelola atau menghemat penyimpanan internal ponsel tanpa perlu khawatir kehilangan foto penting Anda.

Penyimpanan internal pada ponsel sendiri memang akan cepat habis seiring berjalannya waktu. Walaupun kapasitas bawaannya sudah lumayan besar untuk ukuran ponsel sekarang ini. karena berbagai file dasar yang tidak hanya foto dan video, melainkan aplikasi juga memiliki kapasitas yang sangat besar.

Penyimpanan Internal Aplikasi facebook
Penyimpanan Internal Aplikasi facebook

Seperti halnya aplikasi Facebook tersebut, walaupun ukuran aslinya hanya 164MB, akan tetapi seiring berjalannya waktu akan terus bertambah. Seperti gambar ini, ukuran Facebook pada ponsel saya sudah lebih dari 1GB. Bayangkan dengan aplikasi sosial media saja sudah menghabiskan cukup banyak penyimpanan. Maka dari itu, sebagai pengguna harus pintar-pintar mengelola agar penyimpanan pada ponsel Anda tidak cepat habis. Karena jika sudah muncul pesan notifikasi habis, maka hal itu akan memberikan pengaruh besar kepada performa ponsel Anda sendiri.

Cara Menghemat Penyimpanan Internal Tanpa Khawatir Kehilangan Foto dan Video

Ada 3 langkah yang bisa Anda lakukan untuk menghemat penyimpanan internal pada ponsel Anda tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar. Cara-cara ini tentunya cukup familiar bagi sebagian pengguna, namun sulit untuk diaplikasikan. Agar tidak membingungkan, berikut ini penulis berikan langkah-langkahnya secara detail dan terperinci.

1. Backup ke PC/HDD Eksternal

HDD Eksternal
HDD Eksternal – image source

Melakukan backup media yang berupa Foto dan Video ke PC/HDD Eksternal merupakan hal utama. Dari pada Anda menggunakan kartu memory MicroSD yang tersemat pada ponsel memiliki resiko kehilangan data yang cukup besar. Hal ini sudah pernah terjadi pada penulis, kartu SD memiliki kerentanan rusak yang cukup tinggi dari pada penyimpanan melalui Hardisk Eksternal ataupun PC.

Sebagai cara yang paling baik, Anda perlu memanfaatkan PC Anda untuk menampung semua media yang ada pada ponsel Anda. Sehingga dengan demikian ponsel Anda menjadi lebih lega dan memiliki cukup ruang untuk penyimpanan lainnya pada ponsel Anda.

Masalah modern tentunya memerlukan solusi modern pula. Tampaknya, istilah ini semakin relevan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat modern. Keunggulan dari menggunakan HDD Eksternal adalah mudah untuk Anda bawa, karena bentuknya yang ringkas. Namun, ada beberapa hal yang menjadi batasan. Pertama, Hard Disk eksternal biasanya hanya mudah digunakan oleh perangkat laptop atau komputer saja.

2. Backup ke Cloud/Google Drive

Langkah kedua, cukup simple jika dibanding dengan cara pertama. Apalagi menggunakan Cloud Google tanpa memerlukan biaya alias gratis. Namun Anda dapat meningkatkannya berapapun Anda mau sesuai dengan kebutuhan Anda. Setiap pengguna akan mendapat cloud penyimpanan gratis sebesar 15GB. Namun begitu, Anda bisa meningkatkannya hingga 2TB selagi Anda mau dan mampu.

Salah satu keuntungannya adalah Anda dapat mengakses penyimpanan Google Drive ini menggunakan perangkat apapun, baik ponsel ataupun PC. Jadi kapanpun Anda butuh dengan perangkat yang Anda pegang saat ini, Anda dapat mengambilnya dengan mudah file media yang Anda simpan pada Cloud Google. Lantas bagaimana cara membackupnya, berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

1. Buka Google Drive pada ponsel Anda. Semua ponsel Android memiliki aplikasi bawaan cloud Google yang sudah tersemat di dalamnya. Jadi bagi Anda yang belum pernah menggunakannya, lakukan update melalui Google Play Store terlebih dahulu untuk membuat Google Drive mendapat pembaruan terkini.
2. Buatlah folder sesuai dengan kategori yang ada pada Galeri ponsel Anda. Hal ini agar tidak membingungkan ketika Anda membutuhkan foto suatu saat ini. Misalnya folder Kamera, WhatsApp, Facebook dan lainnya.
3. Lakukan upload foto sesuai dengan folder yang sudah Anda buat.

Backup ke Cloud Google Drive
Backup ke Cloud Google Drive

3. Aktifkan Auto Sinkron pada Google Photo

Pencadangan dan sinkronisasi adalah layanan penyimpanan yang secara otomatis menyimpan foto dan video Anda ke Akun Google Anda. Foto dan video tersebut akan dapat dengan mudah Anda akses dari perangkat mana pun yang Anda gunakan untuk login ke akun Anda.

1. Sebelum mulai, pastikan Anda telah login pada akun Google Anda. Pada ponsel atau tablet Android, buka aplikasi Google Foto.
2. Pilih akun Google jika ponsel Anda memiliki lebih dari satu akun Google.
3. Pada bagian kanan atas, ketuk foto profil atau inisial akun Anda. Pilih Setelan Foto lalu Pencadangan & sinkronisasi.
4. Ketuk untuk mengaktifkan atau menonaktifkan “Pencadangan & sinkronisasi“.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.