Tips Merawat Batterai Smartphone Agar Awet Dan Tidak Boros

Permasalahan mendasar yang sering pengguna smartphone adalah borosnya batterai dan bahkan cepat rusak dan harus mengganti batterai. Maka dari itu kemudian dibuatlah powerbank sebagai solusi untuk mengatasi borosnya batterai terutama disaat dalam perjalanan jauh. Ada beberapa tips untuk menyiasati penggunaan batterai anda agar lebih awet, dalam artian tidka cepat habis, yang telah kami bahas pada posting sebelumnya, baca : Tips Menghemat Batterai Handle Android. Perlu akita pahami, batterai selain cepat habis dayanya, juga kendala yang sering terjadi adalah cepat rusak alias nge-drop, yang dapat kita ketahui dari ciri – ciri fisik yang mudah kita lihat yaitu batterai menjadi kembung.

Batterai, samsung, smartphone, merawat batterai
Tips Merawat Batterai Smartphone

Nah masih tentang tips seputar batterai, kali ini kami ingin melengkapi posting sebelumnya, perawatan batterai mencakup 2 (dua) hal yakni perawatan fisik dan perawatan non fisik (pemakaian), diataranya adalah :

I. Perawatan Fisik, dilakukan untuk menjaga agar batterai awet (tidak cepat rusak)

  • Sesekali anda cek kondisi konektor batterai, bersihkan dengan Contact Cleaner bagian konektor batterai. Hal ini berguna untuk membersihkan konektor dari debu jika yang bisa saja menempel saat ada melepas batterai.
  • Jangan menempatkan batterai atau ponsel anda di tempat yang panas. Hal ini acapkali terjadi jika anda berkendara dengan mobil yang biasanya menaruh ponsel di dashboard mobil.
  • Saat batterai dilepas jangan ditempatkan bersamaan dengan bahan metal lainnya, dikhawatirkan bagian konektor terhubung akibat bersentuhan dengan logam tersebut.
  • Matikan ponsel dan lepas batterai untuk beberapa saat, jika anda merasakan ponsel anda panas terutama pada bagaian belakang dimana batterai berada.

II. Perawatan Non Fisik (pemakaian), dilakukan agar batterai tidak boros.

  • Jika tidak terlalu di perlukan matikan fitur GPS.
  • Matikan sambungan wifi dan bluetooth saat tidak anda gunakan.
  • Kurangi tingkat kecerahan (brightness)
  • Hindari penggunaan live atau walpaper aninmasi, karena hal tersebut dapat menyebabkan batterai boros.
  • Cek secara rutin dan tutup aplikasi yang berjalan dibalik layar dengan menggunakan task manager.

Demikian yang dapat kami sharing kali ini semoga membantu keluhan anda seputar penggunaan batterai.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.