Tips Merawat Smartphone Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Memiliki smartphone kini menjadi kebutuhan pokok yang wajib dimiliki oleh semua orang. Hampir semua kalangan menggunakannya, baik dewasa, remaja bahkan anak kecilpun sudah memilikinya, bahkan menjadikannya sebagai kebutuhan utama entah hanya sebagai main game atau kebutuhan lainnya. Nah, ketika membeli smartphone tentunya kita berharap bahwa smartphone dapat digunakan dalam waktu yang lama dan tidak cepat rusak.

Tip merawat smartphone dengan tepat
Tip merawat smartphone dengan tepat

Apalagi bagi mereka pemilik smartphone flagship dengan harga yang mahal. Pastinya, mereka akan menjaga smartphone dari segala risiko kerusakan yang ada. Pada kesempatan kali ini, pandudroid ingin berbagi tips merawat smartphone agar awet dan tetap tahan lama.

1. Selalu Gunakan Softcase dan Pelindung Layar

Memberikan pelindung terhadap smartphone yang kita miliki merupakan hal yang penting guna menjaga smartphone anda tetap awet dan tahan lama. Karena dengan menggunakan pelindung, smartphone kita setidaknya menjadi lebih aman jika terkena benturan ataupun jatuh secara tidak disengaja.

Softcase
Softcase

Dengan memasang softcase pada smartphone sejatinya akan mengurangi risiko kerusakan fisik seperti goresan. Dan juga jangan lupa juga untuk menggunakan pelindung layar/antigores meski smartphone yang Anda gunakan sudah dilindungi Gorilla Glass.

2. Install Aplikasi Sesuai Kebutuhan
Install Aplikasi Sesuai Kebutuhan
Install Aplikasi Sesuai Kebutuhan

Seseorang terkadang ingin menyimpan banyak aplikasi dan game keren di smartphone-nya tanpa memikirkan kapasitas penyimpanan yang tersedia, banyak orang lupa dengan spesifikasi smartphone yang dimilikinya. Menginstall banyak aplikasi tentunya akan semakin banyak menguras kapasitas penyimpanan yang tersedia pada smartphone tersebut. Tentu hal ini sangat tidak dianjurkan. Karena jika dipaksakan terus-menerus akan menimbulkan efek yang kurang baik terhadap smartphone yang kita miliki. Salah satunya akan menurunkan performa diakibatkan karena kapasitas yang rendah karena sudah banyak termakan oleh aplikasi yang kita install.

3. Perhatikan kondisi baterai

Baterai merupakan hal yang sangat urgen fungsi dalam sebuah smartphone. Dengan baterai smartphone akan bisa digunakan, sehingga menjadi hal yang penting untuk merawat baterai smartphone kita agar tetap awet yang tidak over dalam pemakaiannya.

Perhatikan kondisi baterai
Perhatikan kondisi baterai

Hal yang harus diperhatikan saat mengisi daya. Terlalu sering mengisi daya juga mengakibatkan kurang baik terhadap kesehatan baterai. Saran dari penulis disini adalah untuk menjaga agar baterai tetap awet, saat mengisi daya pastika persentase baterai sudah dibawah 20%, dan tidak sambil memainkan smartphone jika pengisian daya sedang berlangsung, karena hal ini yang dapat mengakibatkan baterai panas, dan membuat kesehatan baterai menjadi berkurang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *