Tips Mudah Mengembalikan Akun Facebook yang di Hack Orang

  • Bagikan
Mengembalikan Akun Facebook
Mengembalikan Akun Facebook

Mengembalikan akun Facebook menjadi hal wajib saat akun Anda ada yang meretasnya. Hal ini karena biasanya dalam setiap akun, pastinya akan memiliki data-data penting yang sifatnya sangat pribadi dan rahasia.

Cara Mengembalikan Akun Facebook
Cara Mengembalikan Akun Facebook

image source

Sekarang ini banyak orang yang suka mencari kesalahan orang lain dengan cara meretas apa yang mereka miliki. Salah satunya seperti akun Facebook, instagram bahwa akun WhatsApp Anda. Hal ini yang nantinya mereka gunakan untuk hal-hal yang merugikan. Misalnya kejahatan, penipuan dan lainnya. Dan biasanya jika suatu akun tengah di retas, maka akan berujung pada Penipuan, terutama untuk orang terdekatnya.

Misalnya dengan meminta bantuan, baik berupa materi ataupun non materi dengan mengatasnamakan akun tersebut, sehingga orang lain akan mudah percaya. Karena mereka anggap temannya sendiri, namun nyatanya orang lain tengah memanfaatkannya. Oleh karenanya, langkah cepat sangat Anda butuhkan bagaimana untuk mengatasi akun Anda yang di Hack.

Tips Mudah Mengembalikan Akun Facebook yang Kena Hack

Periksa Email Pribadi

Salah satu cara mengembalikan akun Facebook yang kena hack adalah dengan memeriksa e-mail pribadi. Pastikan email yang Anda gunakan masih aktif hingga saat ini, dan jangan sampai Anda kehilangan akses. Ketika hal ini terjadi, Facebook akan mengirimkan e-mail mengenai aktivitas mencurigakan yang terjadi pada akun Anda.

Anda dapat klik bagian ‘lupa kata sandi’ ketika tidak dapat memasuki akun Facebook menggunakan e-mail dan kata sandi yang biasa Anda gunakan.

Buka laman facebook.com/help/ dan kunjungi bagian ‘Login dan Kata Sandi’, kemudian pilih opsi ‘Ubah Kata Sandi’ dan ‘Amankan Akun Anda’. Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email yang pernah Anda daftarkan sebelumnya atau email lain yang tertaut dengan akun Anda.

Ubah Kata Sandi

Jika Anda telah berhasil masuk melalui email tersebut, segera lakukan ubah kata Sandi untuk mengambil alih akun Anda dan membuat Peretas kehilangan akses terhadap akun Anda. Berikut adalah kriteria kata sandi yang sulit dan aman Anda gunakan menurut Facebook:

  • Kata sandi harus mudah Anda ingat, tapi sulit untuk orang lain tebak
  • Gunakan kata sandi yang berbeda dengan kata sandi yang pernah Anda gunakan pada akun lain, seperti kata sandi e-mail atau bank
  • Buat kata sandi yang jumlah hurufnya panjang
  • Kata sandi tidak boleh memiliki nama e-mail, nomor telepon, atau tanggal lahir
  • Gunakan kata sandi yang memiliki perpaduan huruf besar dan kecil

Pulihkan Akun Facebook

Cara mengembalikan akun facebook yang kena hack berikutnya adalah memulihkan akun melalui laman facebook.com/login/identify. Kemudian m asuk ke situs tersebut hanya jika Anda tidak bisa memasuki akun Facebook meski sandi sudah Anda rubah.

Cari akun milikmu berdasarkan nama lengkap, e-mail, dan nomor telepon. Kemudian ikuti langkah-langkah yang Facebook berikan sampai akun Anda pulih.

Melalui Akun Facebook Keluarga atau Teman

Cara yang lebih sulit yang bisa Anda gunakan untuk memulihkan akun Facebook adalah memulihkan akun menggunakan akun keluarga atau teman yang telah Anda atur sebagai akun pemulihan.

Anda dapat meminta izin pada teman atau anggota keluarga untuk membuka akun milik mereka. Kemudian buka akun Facebook Anda, lalu klik ikon tiga titik vertikal pada bagian bawah profil. Pilih opsi ‘Cari dukungan atau laporkan profil’ lalu klik ‘Saya tidak dapat mengakses akun saya’ dan pilih ‘Selanjutnya’.

Setelah itu, klik pilihan ‘Recover this account’ dan pilih ‘Akun ini tidak lagi dapat diakses’.

Sebagai salah satu cara agar aman dari para peretas adalah dengan mengubah akun Facebook Anda menjadi private atau Anda juga bisa dengan Mengaktifkan otentikasi dua Faktor terhadap akun Anda.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.