Wajib Baca! 9 Hal Pertama yang Harus Dilakukan Jika Memiliki Ponsel Baru

Jika Anda baru saja memiliki perangkat Android baru, ada hal-hal yang perlu dilakukan agar ponsel kamu bisa berfungsi secara maksimal.
Berikut adalah beberapa hal pertama yang harus dilakukan setiap pemilik Android baru terutama jika kamu baru membukanya dari kotak pembeliannya.

Hal Pertama Jika Mamiliki Smartphone Baru
Hal Pertama Jika Mamiliki Smartphone Baru

#1 Periksa Perangkat Anda

Periksa Perangkat Anda
Periksa Perangkat Anda

Pertama-tama, luangkan waktu sejenak untuk benar-benar memerikasa ponsel yang baru saja Anda miliki. Mulai dari layarnya pada bagian depan dan juga belakang ponsel. Dengan begini Anda akan memahami desain futuristik dari smartphone yang Anda miliki.

Jangan lupa tinjau informasi jaminan apa pun, dan catat setiap tambahannya. Sebagian besar ponsel Android dilengkapi dengan alat SIM, jadi pastikan untuk tidak membuangnya. Anda mungkin juga mendapat pengisi daya dan bahkan mungkin satu set earbud yang bagus.

#2 Bersiap Untuk Mengunduh Data

Bersiap Untuk Mengunduh Data
Bersiap Untuk Mengunduh Data

Colokkan telepon untuk mendapatkan pengisian baterai itu. Meskipun banyak ponsel yang terisi daya sebagian, biasanya baterai tersebut tidak terisi penuh. Jadi Anda bisa memanfaatkannya dengan bermain-main dengan ponsel baru anda untuk menghabiskan sisa baterai yang ada pada smartphone. Kemudian melakukan pengisian daya hingga penuh dengan kondisi ponsel mati.

#3 Mulai Masuk dengan Akun Google

Mulai Masuk dengan Akun Google
Mulai Masuk dengan Akun Google

Saat Anda menghidupkan perangkat untuk pertama kalinya, panduan akan memandu Anda melalui proses penyiapan. Ini akan sedikit berbeda dari setiap perangkat. Akan tetapi salah satu hal pertama yang diminta untuk Anda lakukan adalah masuk ke akun Google Anda. Kamu bisa menggunakan akun Google yang sudah Anda punya, atau bisa membuat akun Google baru.

#4 Nonaktifkan Bloatware

Nonaktifkan Bloatware
Nonaktifkan Bloatware

Ponsel Anda biasanya sudah dilengkapi dengan beberapa aplikasi yang sudah dipasang sebelumnya oleh perusahaan (kecuali Anda melakukan root). Aplikasi ini tentunya akan menghabiskan ruang dan dapat memperlambat ponsel Anda. Untuk memaksimalkan kemampuan ponsel Anda, Anda mungkin ingin membuang hal ini.

Setelah ponsel Anda aktif dan berjalan, buka menu Aplikasi di Pengaturan Anda dan temukan aplikasi apa pun yang sudah dimuat sebelumnya di ponsel Anda. Anda mungkin tidak dapat menghapusnya, tetapi Anda dapat menonaktifkannya dan menghapus pembaruan apa pun.

#5 Mendownload Aplikasi Baru di Google Play Store

Mendownload Aplikasi Baru di Google Play Store
Mendownload Aplikasi Baru di Google Play Store

Walaupun beberapa aplikasi sudah terpasang secara default di perangkat, namun Anda juga perlu untuk menambah aplikasi tertentu yang Anda butuhkan. Kunjungi Google Play Store dan lihat alternatif dari beberapa aplikasi yang Anda gunakan. Anda juga dapat mencoba peluncur lain, mengunduh beberapa game baru, atau memilih pemutar musik baru.

#6 Mengamankan Perangkat Anda

Mengamankan Perangkat Anda
Mengamankan Perangkat Anda

Ponsel Anda berisi banyak informasi sensitif, terutama jika Anda menggunakannya untuk perbankan atau belanja dan lainnya. Penting untuk menyiapkan beberapa langkah keamanan yang kokoh untuk melindungi privasi dan identitas Anda.

PIN dan kunci pola adalah dua opsi keamanan yang tersedia di sebagian besar ponsel Android. Banyak dari mereka juga dilengkapi dengan pemindai sidik jari atau bahkan fitur pengenalan wajah. Ingatlah bahwa tidak ada metode biometrik yang seaman kata sandi.

#7 Pastikan Sistem yang Anda Gunakan Sudah Up to date!

Pastikan Sistem yang Anda Gunakan Sudah Up to date!
Pastikan Sistem yang Anda Gunakan Sudah Up to date!

Ada kemungkinan besar perangkat Anda memiliki beberapa pembaruan yang menunggu Anda. Terkadang itu hanya perbaikan kecil atau peningkatan kecepatan. Terkadang versi Android yang benar-benar baru sedang menunggu. Anda dapat memeriksa pembaruan perangkat lunak terbaru dengan membuka Pengaturan => Sistem => Pembaruan Sistem

Selain sistem operasi, Anda juga dapat memperbarui aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya dengan mengunjungi Play Store, memilih “Aplikasi & game saya” dari menu, dan mengetuk tombol “Perbarui semua” di atas, jika tersedia.

#8 Atur Pelacakan Data Seluler

Atur Pelacakan Data Seluler
Atur Pelacakan Data Seluler

Jika Anda ingin lebih menghemat paket data, atau memantau berapa banyak data yang telah Anda gunakan dalam siklus penagihan tertentu adalah suatu keharusan. Melampaui batas karena semua video yang Anda tonton di YouTube bisa menjadi masalah.

Oleh karenanya, kamu perlu menyiapkan pelacakan data seluler. Buka pengaturan perangkat Anda, ketuk “Wi-Fi dan Internet” diikuti dengan “Penggunaan data”, lalu atur siklus penagihan dan jumlah data yang akan Anda gunakan setiap hari. Setidaknya dengan Anda mengaktifkan ini, Anda akan memperoleh notifikasi penggunaan Data setelah melampaui batas.

#9 Kenali Fitur-Fitur Perangkat Anda dengan Benar

Kenali Fitur Fitur Perangkat
Kenali Fitur Fitur Perangkat

Luangkan waktu untuk menyelidiki setelan ponsel Anda. Saring menu dan submenu, dan buat catatan mental tentang di mana letak berbagai fitur. Ini dapat menghemat banyak waktu nantinya, dan Anda bahkan mungkin menemukan beberapa hal baru tentang perangkat Anda.

Itulah 9 hal pertama yang sangat penting Anda lakukan jika memiliki ponsel baru.

source: via

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.