Wajib Kamu Tahu! Ternyata Android 11 Punya Fitur Layaknya iOS

Google sudah memperkenalkan Android 11 meskipun saat ini yang tersedia masih versi Beta. Hal yang menarik adalah pada Android 11 ternyata memiliki fitur terbaru yang sebelumnya tidak pernah kamu temukan dalam sistem Android, dan ini hanya tersedia untuk Android 11.

Fitur Terbaru Android 11
Fitur Terbaru Android 11

Fitur ini disebutkan hampir mirip dengan fitur yang dimiliki oleh sistem iOS pada iPhone. Namun, saat ini hanya pengguna smartphone Pixel saja yang dapat menikmati Android 11 versi Beta tersebut. Penasaran kira-kira apa saja fitur terbaru yang dimiliki sistem Android 11 tersebut?

Beberapa fitur yang mirip dengan iOS hadir pada Android 11 yang mungkin belum kamu tahu seperti yang dikutip dari The Verge, apalagi mengingat memang saat ini Android 11 ini belum dirilis secara global, dan hanya tersedia versi Beta untuk beberapa kalangan smartphone Pixel.

#1 Smart Home Control

Android 11 memiliki fitur Smart Home Control, fitur ini memiliki fungsi mengontrol perangkat smart home hanya melalui tombol daya. Sedangkan untuk iOS, Apple menyebutnya Home Kit, fitur ini sudah hadir sejak iOS 10 terdahulu.

#2 One Time Permission

Fitur yang kedua adalah One Time Permission, fitur ini yang dapat membatasi izin pengembang aplikasi untuk mengakses fitur tertentu, seperti kamera, microphone dan lokasi sebanyak satu kali saja, bukan untuk jangka panjang.

#3 Screenshot Interface

Pada Android 11, Google akan menghadirkan antarmuka screenshot yang mirip dengan UI yang diperbarui. Nantinya ketika pengguna melakukan screenshot, pratinjau bakal muncul di sisi bawah layar dan juga memungkinkan pengguna untuk mengedit hanya dengan mengetuknya saja.

#4 Native Screen Recording

Fitur ini bisa kamu akses melalui menu Pengaturan Cepat dengan menggunakan Pusat Kontrol Android. Implementasinya dalam uji coba Android 11 beta ini sangat mirip dengan sistem iOS pada iPhone.

#5 Media Switching Control

Jika pada iPhone fitur ini bernama AirPlay. Sedangkan untuk Android, Google menyebutnya Media Switching Control. Fitur ini memiliki fungsi serupa, yaitu memungkinkan pengguna dengan mudah beralih ke output media eksternal hanya dengan drop-down saja.

Sehingga dapat disimpulkan, jika beberapa fitur yang sudah disebutkan diatas, bisa dibilang mengadopsi dari fitur iOS yang memiliki banyak manfaat untuk pengguna, bahkan sering digunakan dan demi meningkatkan fitur menarik yang dimiliki oleh sistem Android, khususnya Android 11.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.