WhatsApp Anda Bermasalah? Berikut 5 Langkah Mudah Untuk Mengatasinya!

  • Bagikan
Cara Mudah Mengatasi WhatsApp Bermasalah
Cara Mudah Mengatasi WhatsApp Bermasalah

Mengatasi WhatsApp bermasalah selalu banyak cara yang bisa Anda lakukan dengan cepat. Karena saat ini WhatsApp merupakan aplikasi perpesanan yang paling banyak peminatnya ketimbang aplikasi lain. Walaupun mulai banyak yang kurang menyukai akibat adanya aturan kebijakan privasi baru terhadap pengguna. Namun begitu, selama masih bisa pengguna gunakan untuk berkomunikasi, maka pengguna tidak akan berpindah pada aplikasi lain.

Cara Mudah Mengatasi WhatsApp Bermasalah
Cara Mudah Mengatasi WhatsApp Bermasalah

image source

Kabar terbaru menyebutkan, bahwa per tanggal 1 Juni 2021 mendatang, WhatsApp mulai memberikan tekanan kepada para penggunanya. Jika pengguna tidak mau menyetujui aturan kebijakan privasi terbarunya, maka pihak WhatsApp akan secara otomatis memblokir akun tersebut dan tidak dapat dipergunakan lagi.

Terlepas dari banyaknya aturan-aturan yang telah WhatsApp tetapkan, mari kita sejenak membahas bagaimana jika WhatsApp Anda tiba-tiba tidak berfungsi? Hal ini merupakan masalah yang harus segera Anda selesaikan. Oleh karenanya, dalam kesempatan ini penulis akan memberikan langkah-langkah untuk mengatasi WhatsApp yang bermasalah atau bahkan tidak berfungsi.

Berikut 5 Langkah Mudah Untuk Mengatasi WhatsApp yang Sedang Bermasalah

#1 Melakukan Analisa Masalah

Jika WhatsApp tidak berfungsi pada ponsel Android Anda, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan analisa terhadap masalahnya. Apakah masalahnya ada pada pihak perangkat Anda atau justru pada aplikasi WhatsApp sendiri. Anda dapat melakukannya dengan mengunjungi salah satu situs web yang melaporkan jika WhatsApp sedang down atau masalah lainnya.

Atau langkah paling mudahnya, Anda perlu memeriksa WhatsApp menggunakan perangkat lain. Jika pada perangkat lain aplikasi tersebut berjalan normal, maka sudah bisa dipastikan yang bermasalah bukan dari aplikasinya.

#2 Periksa Koneksi Internet Anda

Jika tidak ada masalah pada aplikasi WhatsApp, maka selanjutnya Anda perlu memeriksa koneksi jaringan internet pada ponsel Anda. Mulailah dengan mematikan Wi-Fi Anda dan kemudian hidupkan kembali untuk melihat apakah berhasil atau tidak. Anda juga bisa memeriksa layanan data Anda (jika Anda menggunakan layanan data). Selain itu, coba kunjungi situs tertentu melalui browser atau putar video YouTube, supaya Anda dapat melihat apakah ada masalah dengan sambungan Anda.

Jika Anda tidak dapat mengakses internet sama sekali, Anda kemungkinan mempunyai masalah pada koneksi jaringan internet Anda!

#3 Paksa Berhenti dan Hapus Cache

Jika WhatsApp masih tidak berfungsi, cobalah dengan melakukan penghentian secara paksa dan menghapus cache pada perangkat Anda. Karena beberapa masalah aplikasi dapat terselesaikan dengan cara seperti ini. Penghentian paksa pada dasarnya mematikan proses untuk aplikasi dan membersihkan cache Anda akan menghapus file sementara yang tersimpan pada aplikasi.

Untuk melakukan penghentian paksa, buka Pengaturan => Aplikasi. Kemudian gulir ke bawah hingga Anda menemukan WhatsApp, buka, lalu ketuk tombol Paksa berhenti pada bagian atas. Untuk menghapus cache, ketuk opsi Penyimpanan bagian bawah dan kemudian pilih opsi Hapus cache. Setelah selesai, coba buka kembali aplikasi WhatsApp dan periksa apakah berfungsi sebagaimana mestinya.

#4 Perbarui WhatsApp atau Instal Ulang

Masalah terkait WhatsApp Anda dapat disebabkan oleh bug pada aplikasi. Hal terbaik untuk Anda lakukan adalah memperbaruinya ke versi terbaru melalui Google Play Store. Ketuk opsi Aplikasi & game saya, lalu mengetuk tombol Perbarui pada sebelah WhatsApp, jika tersedia.

Jika itu tidak berhasil atau tidak ada pembaruan yang tersedia, taruhan terbaik Anda adalah menghapus aplikasi dari perangkat Anda dan kemudian memasangnya kembali.

#5 Matikan VPN

VPN sangat bagus. Anda kemungkinan dapat menyembunyikan identitas Anda secara online, melewati pembatasan konten regional pada layanan seperti Netflix. Dan juga mendapatkan akses ke WhatsApp pada negara-negara yang tidak tersedia. Namun, VPN juga bisa menjadi alasan mengapa WhatsApp tidak berfungsi untuk Anda.

Jika Anda sebagai salah satu pengguna VPN, coba matikan terlebih dahulu VPN Anda, dan gunakan jaringan lokal yang Anda gunakan saat ini. Karena beberapa laporan mengklaim bahwa mereka tidak dapat melakukan panggilan melalui WhatsApp ketika VPN Sedang dalam kondisi Aktif.

Itulah lima langkah yang bisa Anda lakukan sendiri jika Anda mengalami masalah terkait WhatsApp. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.