WhatsApp Gulirkan Fitur Baru: Kunci Sidik Jari Untuk Percakapan WhatsApp

Akhirnya WhatsApp secara resmi meluncurkan fitur terbarunya untuk Android, tepatnya pada tanggal 20 Nopember 2019 kemarin. Fitur tersebut dinamai Fingerprint Lock alias kunci Kunci Sidik Jari yang bisa kamu gunakan saat akan membuka Aplikasi WhatsApp. Hadirnya fitur ini tentu memberikan rasa aman dan privasi bagi penggunanya karena obrolan mereka semakin terjaga tanpa dilihat diam-diam oleh orang lain.

Autentifikasi Percakapan WhatsApp
Autentifikasi Percakapan WhatsApp

Cara pakainya pun mudah, pengguna terlebih dahulu meng-update versi terbaru WhatsApp 2.19.341 di Play Store . Setelah itu masuk ke halaman depan WhatsApp, pilih ikon titik tiga di ujung kanan atas. Pilih Setelan => Akun, setelah itu pilih Privasi, kemudian aktifkan Kunci Sidik Jari (Fingerprint Lock) di bagian paling bawah.

Jika ingin mengaktifkan keamanan sidik jari, pengguna harus terlebih dahulu melakukan registrasi sidik jari, walaupun sebelumnya sudah melakukan registrasi pada pengaturan Sistem Android. Hal ini menunjukkan bahwa sidik jari yang digunakan pada Sistem Android tidak terdeteksi pada Aplikasi WhatsApp, sehingga WhatsApp mengharuskan untuk melakukan registrasi khusus pada aplikasi WhatsApp.

Nantinya akan ada pilihan jeda waktu untuk mengunci WhatsApp. Pilihan waktu yang tersedia adalah Segera setelah aplikasi WhatsApp ditutup, Setelah 1 menit aplikasi WhatsApp tertutup, hingga paling lama setelah 30 menit aplikasi WhatsApp tertutup.

Selain itu, pengguna juga bisa mengatur apakah isi chat baru yang masuk bersamaan dengan notifikasi masih bisa terbaca atau tidak. Dengan demikian, tingkat keamanan WhatsApp dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab akan terminimalisir.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.