WhatsApp Izinkan Berbagi Gambar Dengan Kualitas Tinggi, Begini Caranya!

  • Bagikan
Berbagi Gambar Dengan Kualitas Tinggi
Berbagi Gambar Dengan Kualitas Tinggi

Tak berselang lama, akhirnya WhatsApp kini mengizinkan berbagi gambar dengan kualitas tinggi pada aplikasinya. Berbeda dengan sebelumnya, setiap gambar yang dibagikan melalui WhatsApp, pasti akan melewati kompres gambar terlebih dahulu. Sehingga gambar tersebut tidak sama dengan aslinya.

WhatsApp Izinkan Berbagi Gambar Dengan Kualitas Tinggi
WhatsApp Izinkan Berbagi Gambar Dengan Kualitas Tinggi

image source

Kendati begitu, sebelumnya WhatsApp masih memberikan cara khusus jika akan mengirimkan gambar dengan kualitas tinggi agar melewati kompresi gambar, yakni dengan mengirimkannya dalam bentuk file. Jika Anda tertarik dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah melakukannya tanpa perlu melakukan update aplikasi terlebih dahulu. Jika tidak, setiap gambar yang dikirim akan mengalami penurunan resolusi secara otomatis agar ukuran file tidak terlalu besar.

Lalu, bagaimana jika Anda ingin berbagi gambar dengan kualitas tinggi tanpa perlu mengirimkannya menjadi file? Dalam hal ini ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk bisa berbagi gambar dengan kualitas tinggi tanpa mengurangi resolusi gambar itu sendiri.

Cara Berbagi Gambar Dengan Kualitas Tinggi pada WhatsApp

Berbagi gambar menggunakan aplikasi perpesanan WhatsApp hampir selalu mengorbankan kualitas. Kecuali Anda membagikan gambar itu sebagai file, penerima berisiko kehilangan piksel. Namun akhirnya WhatsApp dapat mengatasi masalah ini. WhatsApp sekarang memperkenalkan fitur yang memungkinkan pengguna memutuskan apakah aplikasi harus mengompresi gambar atau mengirimnya dengan kualitas maksimum seperti aslinya.

Melalui WABetaInfo, WhatsApp menambahkan pengaturan kualitas unggah foto kini sudah bisa pengguna gunakan khususnya pada Android. Fitur ini akan memungkinkan pengguna memilih untuk mengirim gambar dalam mode Kualitas Terbaik atau Penghemat Data. Yang terakhir akan menjamin kompresi untuk menghemat data pada paket seluler atau mengurangi waktu pengiriman pada jaringan yang lebih lambat. Namun, Kualitas Terbaik akan memastikan bahwa gambar yang dikirim menyimpan semua datanya.

Sebelumnya, jika pengguna tidak ingin gambar mereka dikompresi, mereka harus mengirimkannya sebagai dokumen. Dengan opsi Kualitas Terbaik, pengguna dapat memotong langkah ini. Pada mode ini, semua foto, bahkan ketika dikirim dari menu Galeri WhatsApp akan dikirim tanpa kompresi.

Namun sebelum itu Anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu opsi sesuai dengan pilihan Anda. Anda perlu masuk ke aplikasi WhatsApp => Pengaturan, lalu pilih Penyimpanan dan data => Kualitas foto unggahan. Anda dapat memilih Otomatis, Kualitas Terbaik (tanpa kompresi), dan Penghemat Data.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.