YouTube Anda Tidak Berfungsi? Begini Cara Cepat Untuk Mengatasinya!

  • Bagikan
Cara Mengatasi Youtube Tidak Berfungsi
Cara Mengatasi Youtube Tidak Berfungsi

Pernahkan Anda mengalami masalah pada aplikasi YouTube tidak berfungsi, YouTube macet atau bahkan error? YouTube adalah salah satu platform video online terbesar, dengan lebih dari 1,5 miliar pengunjung yang masuk setiap bulan. Sekitar 400 jam konten yang pengguna upload setiap menit, dan lebih dari satu miliar jam video yang pengguna tonton setiap harinya.

Cara Mengatasi Youtube Tidak Berfungsi
Cara Mengatasi Youtube Tidak Berfungsi

image source

Menemukan YouTube yang tidak berfungsi tentunya akan jadi masalah besar jika Anda tidak segera mengatasinya. Nah, dalam artikel ini penulis akan memberikan langkah atau tindakan cepat jika tiba-tiba Anda mengalami masalah pada aplikasi YouTube Anda.

Cara Cepat Mengatasi YouTube yang Tidak Berfungsi

Restart atau Mulai Ulang Perangkat Anda

Banyak masalah terkait ponsel Android yang bisa diatasi hanya dengan memulai ulang perangkat. Tindakan ini akan menutup aplikasi yang berjalan pada latar belakang yang mungkin menyebabkan masalah yang Anda alami.

Ini merupakan bagian dari perbaikan yang mudah dan cepat yang bisa pengguna lakukan. Jadi setidaknya hanya membutuhkan satu menit atau lebih. Jika Anda menemukan YouTube tidak berfungsi, cukup tekan dan tahan tombol daya pada perangkat Anda, dan ketuk opsi mulai ulang yang muncul pada layar. Setelah smartphone menyala kembali, buka aplikasi YouTube dan periksa apakah masalahnya sudah teratasi atau tidak.

1. Tekan dan tahan tombol daya pada perangkat Anda.
2. Ketuk opsi restart yang muncul pada layar.
3. Coba putar video YouTube setelah perangkat menyala kembali.

Periksa Koneksi Internet Anda

Salah satu alasan mengapa video tidak bisa Anda putar pada YouTube adalah karena masalah koneksi. Jika Anda melihat YouTube tidak berfungsi, hal kedua yang harus Anda lakukan adalah memeriksa apakah Anda tersambung ke internet atau tidak.

Akan tetapi jika Anda terhubung, coba cari sesuatu pada Google untuk melihat apakah koneksi Anda memiliki akses ke internet. Anda mungkin tersambung ke jaringan Wi-Fi dalam beberapa kasus, tetapi masih tidak ada akses internet karena berbagai alasan. Jika Anda dapat menelusuri Google dan melakukan tugas terkait internet lainnya kecuali mengunjungi YouTube, berarti koneksi Anda sedang normal.

1. Buka menu pengaturan perangkat Anda.
2. Sambungkan ulang ke Wi-Fi atau jaringan seluler Anda.
3. Buka aplikasi YouTube dan coba putar video.

Perbarui Sistem Android Anda

Ada kemungkinan, meskipun kecil, jika menurut Anda YouTube tidak berfungsi, hal itu bisa terjadi karena versi Android yang sudah usang. Anda bisa mengeceknya melalui menu pengaturan pada perangkat Anda, pilih “Pembaruan sistem”, dan unduh pembaruan jika tersedia. Ingatlah bahwa tergantung pada perangkat Anda, “Pembaruan sistem” mungkin terletak pada opsi “Tentang telepon”.

Setelah Anda mengunduh pembaruan, ketuk tombol Pasang dan biarkan perangkat melakukan boot ulang. Kemudian buka YouTube dan periksa untuk melihat apakah masalahnya sudah teratasi atau tidak.

1. Buka menu pengaturan perangkat Anda.
2. Temukan dan ketuk “Pembaruan sistem”.
3. Unduh dan instal pembaruan jika tersedia.

Hapus Cache dan Data Aplikasi

Perbaikan selanjutnya pada daftar ini adalah menghapus cache dan data pada aplikasi YouTube. Yang pertama menghapus data sementara, sedangkan yang terakhir menghapus semua data aplikasi, termasuk berbagai pengaturan dan video yang tersimpan.

Anda bisa membukanya melalui menu pengaturan pada perangkat Anda, lalu ketuk “Aplikasi”, dan pilih YouTube. Langkah selanjutnya adalah memilih “Penyimpanan,” yang akan memunculkan dua opsi: Hapus data dan Hapus cache. Kosongkan cache terlebih dahulu dan periksa apakah YouTube sekarang berfungsi sebagaimana mestinya. Jika tidak, kembali dan hapus data untuk melihat apakah hal ini bisa menyelesaikan masalah.

1. Buka menu pengaturan perangkat Anda.
2. Ketuk “Aplikasi” dan pilih YouTube.
3. Pilih opsi “Penyimpanan” dan ketuk “Hapus data / Hapus cache”.

Periksa Pengaturan Tanggal dan Waktu

Meski terdengar aneh, pengaturan tanggal dan waktu bisa menjadi alasan untuk masalah terkait YouTube Anda. Server Google mungkin mengalami masalah saat menyinkronkannya jika Anda tidak menyetelnya dengan benar.

Untuk memperbaikinya, buka setelan perangkat Anda, ketuk “Tanggal & waktu”, dan pastikan opsi “Tanggal & waktu otomatis” Anda aktifkan. Jika ini tidak menyelesaikan masalah, lanjutkan ke solusi berikutnya di daftar ini.

1. Buka menu pengaturan perangkat Anda.
2. Ketuk “Tanggal & waktu”.
3, Aktifkan opsi “Tanggal & waktu otomatis”.

Perbarui Aplikasi YouTube

Hal terakhir yang dapat Anda coba jika Anda melihat YouTube tidak berfungsi adalah memperbarui aplikasi YouTube pada perangkat Anda. Untuk memeriksa apakah pembaruan tersedia, buka aplikasi Google Play Store, pilih opsi “Aplikasi & game saya” dari menu, dan periksa apakah YouTube ada pada daftar “Pembaruan”.

Jika ya, ketuk tombol “Perbarui” dan tunggu hingga menyelesaikan prosesnya. Setelah itu selesai, buka kembali aplikasi YouTube untuk memeriksa apakah semuanya seperti yang seharusnya sekarang.

1. Buka aplikasi Google Play Store.
2. Ketuk “Aplikasi & game saya”.
3. Ketuk tombol “Perbarui” pada sebelah aplikasi YouTube jika pembaruan tersedia.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.