Zoom Segera Rilis Update Untuk Peningkatan Keamanan yang Bisa Cegah dari Zoombombing

Kabarnya Zoom akan merilis pembaruan untuk peningkatan keamanan pada tanggal 9 Mei besok. Beberapa waktu yang lalu Zoom diterpa masalah keamanan terkait Zoom Bombing. Fenomena ini merupakan kejadian di mana orang asing menyusup ke dalam rapat online dan mengirimkan gangguan berupa konten pornografi atau ujaran kebencian disertai ancaman.

Zoom Segera Rilis Pembaruan Peningkatan Keamanan
Zoom Segera Rilis Pembaruan Peningkatan Keamanan

Salah satu fitur yang bakal Zoom rilis dalam pembaruan kali ini adalah aplikasi Zoom akan sediakan kata sandi di seluruh ruang rapat. Karena Zoom memang telah menjadi aplikasi telekonferensi terlaris sekaligus terbanyak mendapatkan pemberitaan buruk.

Dilansir dari AndroidAuthority, Zoom telah menambahkan enkripsi yang lebih kuat dan pusat keamanan satu atap. Perusahaan tersebut juga dikatakan sudah mengubah beberapa hal seperti Personal Meeting ID (PMI). Jadi, para pengguna Zoom yang memiliki akun atau menjadi admin dalam ruang meeting dapat menonaktifkan ID/ tautan rapat yang dipersonalisasi.

Penggunaan Zoom mulai meroket selama pandemi COVID-19 karena orang-orang beralih ke layanan konferensi video gratis untuk tetap terhubung dengan teman, keluarga, kolega, bahkan guru mereka.

Namun, peningkatan penggunaan tersebut juga membuat platform ini menjadi target peretasan, lelucon, dan pelecehan, yang seringkali melalui “Zoombombing.” Isu keamanan ini cukup serius, hingga penegak hukum di AS kini memperingatkan akan ada implikasi hukum yang serius bagi pelaku “Zoombombing.”

Selain itu, pengaturan “screen-sharing” nantinya hanya bisa dilakukan oleh host jika tidak diatur ulang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.